Ayo ke Artscience Museum Singapore

September 23, 2017

Marina Bay Sands memiliki banyak spot-spot wisata yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Mueseum Artscience. Beberapa kali liburan ke Singapore baru tahu kalo bangunan yang kayak bunga teratai baru mekar itu museum.  Jadi kita sepakat liburan kali ini “Ayo Ke Museum”. Museum Artscience ini lokasinya masih berada di Bayfront Terrace, letaknya tepat di sebelah Mall Marina Bay Sands.




Didalam gedung Museum Artscience memiliki beberapa exhibition diantaranya ada ArtScience on Screen, Journey to Infinity : Escher’s World of Wonder, Future World : Where Art Meets Science, dan NASA : A human Adventure.


Dari keempat Museum ArtScience diatas memiliki harga tiket yang berbeda-beda dan kita memilih untuk masuk ke Museum Future World : Where Art Meets Science. Kenapa kita memilih ini, ya gara-gara muncul di timeline instagram artis, alasan yang simple kan.. hahaha 😃

Museum ini memiliki alat teknologi yang canggih hasil kolaborasi dengan teamLab dari Jepang. Kecanggihan teknologi yang membuat tempat ini menjadi digital universe, sehingga pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan instalasi art yang hidup secara real time dan tempat ini juga cocok untuk segala usia lebih tepatnya sih untuk anak-anak. Itu sebabnya kenapa museum ini berbeda dengan museum-museum lain pada umumnya, yang sangat inovatif, kreatif, dan keren. Museum Future World : Where Art Meets Science memiliki empat ruang tema yang berbeda diantaranya Alam (Nature), Kota (Town), Taman (Park) dan Space.

1. Nature

Ruangan ini terinspirasi dari interaksi antara manusia dan alam. Menggunakan teknologi digital, bisa menghubungkan kita dengan karya seni tentang alam dan juga sains. Selain itu ruangan ini disediakan tempat duduk dengan bean bag untuk bersantai plus lantunan musik slow, yang bisa bikin betah berlama-lama duduk disini.

Di ruangan Nature terdapat Black Waves dan Sliding through the Fruit Field. Black waves itu sendiri menggambarkan laut dengan gaya lukisan tradisional jepang dan mengajak pengunjung untuk menganggap diri mereka sebagai bagian dari pemandangan laut, sehingga memahami bahwa tidak ada pemisahan antara diri kita dan alam.




2. Town

Diruangan ini kita bisa melihat pemandangan kota yang ramai, dimana kita bisa memasukkan gambar (hasil dari mewarnai mobil) kedalam sebuah alat teknologi digital, yang kemudian gambar tersebut akan muncul pada layar di dinding.





3. Park

Setelah kita disibukkan dengan ruang perkotaan, sekarang kita keruang bermain, tidak jauh berbeda dengan Town (perkotaan) masih menggunakan alat teknologi yang canggih dan juga inovatif. Disini kita bisa melihat air terjun, akuarium, cahaya lampu dari bola-bola dan masih banyak lagi.








4. Space

Ini adalah ruagan terakhir dari Museum Future World : Where Art Meets Science, sebelum masuk petugas yang ada diruangan ini memperingatkan kita untuk tidak menyentuh lampu kristal yang ada didalam, tas ranselpun harus ditaro dibagian depan.  Nama ruang Space ini adalah Crystal Universe. Karena ini adalah ruangan terakhir, banyak pengunjung berlama-lama disini demi mendapatkan hasil foto yang bagus.


Harga tiket masuk Museum Future World : Where Art Meets Science untuk yang dewasa itu sekitar SGD 17

Tips Mengunjungi Museum Future World : Where Art Meets Science dan mendapatkan harga tiket masuk yang murah :

  • Museum ini buka setiap hari pukul 10:00am, 11:30am, 1:00pm, 2.30pm, 4:00pm dan 5:30pm (Last Entry). Dan datang ke museum sebaiknya pada hari kerja (Weekdays), karena selain tidak terlalu banyak pengunjung kamu juga bisa mencari spot foto yang instagram-able. Jika kamu tidak bisa datang pada hari kerja, kamu bisa datang pada hari libur tapi usahakan datang tepat pukul 10.00am sebelum banyak orang, jadi masih bisa foto-foto dulu.
  • Untuk mendapatkan harga khusus, kamu harus membuat member card Marina Bay Sands. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menunjukkan paspor dan mengisi form yang disediakan oleh bagian ticketing. Setelah mengisi form tersebut, kamu langsung pergi ke  concierge yang ada di dekat Food Court Marina Bay Sands, persis di bawah eskalatornya. Pengurusan member card nggak lama kok, hanya beberapa menit saja. Member card ini bisa dipake juga buat diskonan ke Garden by The Bay lho. Kemudian setelah selesai pembuatan member card, kamu balik lagi ke bagian ticketing dan jangan lupa tunjukan member card Marina Bay Sands ini ketika mau beli tiket ya, agar bagian ticketing bisa langsung memberikan harga khusus buat kamu. Karena kita bikin member card harga tiket masuk untuk tiga orang hanya SGD 29, jadi untuk seorang harga tiketnya hanya sekitar SGD 10 (lumayan murah kaaan?? Irit SGD 7 😆).




Main ke museum ini nggak bakal bosen kok, ataupun menyesal.. So gimana guys? Ayo ke Museum!!


You Might Also Like

0 komentar

Featured Post

Pengalaman Pertama Jadi Jastip Saat Travelling

Aku tau ada peluang usaha ini berawal dari plan liburan kita yang mendadak dan ada dua travelmate yang mengusulkan “daripada liburan kita c...

Imie's Friends

Instagram

Subscribe

Join Our Newsletter

Get All The Latest Updates Delivered Straight Into Your Inbox For Free!

We Respect Your Privacy | Get This Widget